Cara Mengalikan dengan Tangan

 Dapat mengalikan dengan jari-jari adalah keterampilan yang bermanfaat dan orang telah melakukannya paling tidak sejak abad ke-15. Kita mungkin mempunyai kalkulator telepon genggam, tetapi sering kali, lebih mudah menyimpan telepon di kantong dan melakukan perkalian menggunakan jari. Metode ini juga bermanfaat untuk siswa yang sedang belajar perkalian untuk pertama kali. Agar dapat digunakan dengan baik, kamu pertama-tama harus mempelajari tabel perkalian satu sampai lima. Perkalian menggunakan tangan hanya dapat digunakan untuk tabel perkalian enam, tujuh, delapan, sembilan, dan sepuluh. 

Perkalian Sembilan 
A. Buka tanganmu di depan wajah dengan telapak tangan menghadap ke atas. Setiap jari mewakili angka tertentu. Mulai dari jempol kiri ke jempol kanan, hitung angka dari satu sampai sepuluh.
B. Tekuk jari yang akan kamu kalikan dengan sembilan ke arah dalam. Contoh, jika kamu akan mengalikan (9x3), tekuk jari tengah tangan kiri ke arah dalam. Jari tengah ini mewakili angka tiga karena, jika kamu menghitung dari satu sampai sepuluh dimulai dari jempol tangan kiri, jari tengahmu adalah jari ketiga.
C. Pecahkan soal dengan menghitung jari di sebelah kiri dan kanan. Pertama, hitung jari-jari yang berada di sebelah kiri jarimu yang tertekuk - dalam contoh di atas, seharusnya ada dua jari di sebelah kiri jari yang tertekuk. Setelah itu, hitung jumlah jari yang berada di sebelah kanan jarimu yang tertekuk-dalam hal ini, seharusnya ada tujuh. Angka pertama jawaban perkalian (9x3) adalah 2 dan angka kedua adalah 7. Jadi, jawaban pertanyaan tersebut adalah 27![1]
D. Cobalah menggunakan angka lain dikali dengan sembilan. Bagaimana cara mengalikan 9 dan 2 dengan jari-jarimu? Bagaimana jika 9 dan 7?

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Artikel